Selasa, 06 September 2011

Lesson Study 9: In the classroom

English for Study in Australia
BAHASA INGGRIS UNTUK STUDI DI AUSTRALIA
Lesson 9: In the classroom
Pelajaran 9: Di Kelas
L1 Male Halo saya Tito Ambyo
L1 Female …dan saya Sylvia Yasid dari Radio Australia.
L1 Male Selamat datang dalam kursus Bahasa Inggris untuk Studi di Australia, disusun oleh
Lembaga Bahasa AMES Melbourne, Australia.
L1 Female Bahasa Inggris untuk Studi di Australia yang terdiri dari 26 pelajaran akan
membantu anda mempersiapkan diri untuk belajar dan tinggal di Australia. Sambil
mengikuti pengalaman dari empat mahasiswa internasional di kota Melbourne,
anda akan belajar banyak tentang budaya dan kehidupan di perguruan tinggi
Australia.
L1 Female Pelajaran 9. Di Kelas
Dalam pelajaran ini anda akan belajar tentang kegiatan kelas di Australia dan
standar penilaian dan pembagian kelas dan waktu belajar sendiri. Anda juga akan
berlatih memperkenalkan diri kepada teman-teman sekelas dan bagaimana
memanggil guru.
L1 Male: Mari kita mulai. Pertama anda akan mendengar percakapan dengan
terjemahannya. Setelah itu anda akan diberi kesempatan untuk berlatih
mengucapkan kalimat dan ungkapan yang penting dari percakapan tersebut, tetapi
disarankan anda mencoba sendiri mengulang seluruh percakapan. Bahasa yang
digunakan disini adalah bahasa Inggris Australia. Percakapan selengkapnya dalam
bahasa Inggris dapat di-download dari website Radio Australia.
Dalam pelajaran ini Rocky, Katie dan Angel berada di kelas untuk pertama kalinya
di sekolah ELICOS mereka. Guru mereka adalah Marion, yang mewawancarai
Rocky waktu Orientasi.
Marion: OK. Let’s move on. If you’ll all look at the board, this is the timetable for Module A.
As you can see, you’ll spend 4 hours a day in formal classes and one hour in
independent study in the library. You’ll also be expected to do at least one hour of
homework per night, working on daily assignments and research towards your
assessment tasks. Are there any questions? Yes. Angel?
L1: OK. Mari kita mulai. Silahkan melihat ke papan tulis, ini adalah jadwal untuk
Modul A. Seperti kalian lihat, kalian akan berada di kelas selama empat jam sehari
dan satu jam untuk belajar sendiri di perpustakaan. Kalian juga diharapkan untuk
paling sedikit belajar satu jam setiap malam di rumah, mengerjakan tugas harian,
dan riset untuk tugas yang dinilai. Ada pertanyaan? Ya. Angel?
Angel: Could you tell us more about the assessment tasks, Marion?
L1: Tolong dijelaskan lebih jauh tentang tugas yang dinilai, Marion?
Marion: Yes, of course. That was my next point. The assessment task for this module is an
essay and a group presentation on the topic of “crime and punishment”.
L1: Ya. Memang itu yang hendak saya jelaskan. Tugas yang dinilai untuk modul ini
adalah sebuah essay dan presentasi kelompok dengan topik “tindak kejahatan dan
hukuman”.
Angel: And how long does it have to be?
L1: Dan harus berapa panjangnya?
Marion: At least three hundred and fifty words.
L1: Paling sedikit tiga-ratus-lima puluh kata.
Angel: I see. Thanks.
L1: Oh begitu. Terima kasih.
Marion So we’ll be visiting the courts in the next couple of weeks to give you an idea of how
the Australian justice system works.
L1: Jadi kita akan mengunjungi pengadilan dalam dua minggu mendatang ini untuk
memberi kalian gambaran tentang cara kerja sistem peradilan Australia.
Rocky: And will there be any interesting excursions too, Marion?
L1: Dan apakah akan ada ekskursi yang menarik juga, Marion?
Marion: Going to the courts is a great excursion, Rocky! My other students have found it
really interesting.
L1: Pergi ke pengadilan adalah ekskursi yang menarik, Rocky! Pelajar-pelajar saya
yang lain berpendapat, itu benar-benar menarik.
Rocky: Yeah, but what about the beach or the mountains?
L1: Yeah, tapi bagaimana kalau ke pantai atau ke gunung?
Marion: Yes, you’ll be going on those excursions too.
L1: Ya, nanti akan ada ekskursi seperti itu juga.
Katie: But I really want to study English, not go out on trips to the beach.
L1: Tapi saya ingin belajar bahasa Inggris, bukan
pergi ke pantai.
Marion: Katie, the excursions are always educational. You’ll still be learning English, but in
a different environment. And that’s an important point. Excursions are not an
excuse to goof off! OK? Now, after the break you’ll be filling in a needs analysis
form. So be back here in fifteen minutes everyone.
L1: Katie, semua ekskursi itu selalu berkaitan dengan pendidikan. Kalian masih tetap
belajar bahasa Inggris, tetapi dalam lingkungan yang berbeda. Dan itu penting.
Ekskursi bukan alasan untuk membuang-buang waktu. OK? Sekarang, setelah
istirahat kalian akan mengisi sebuah formulir analisis kebutuhan. Jadi kembali ke
kelas seperempat jam lagi, ya.
Katie: Teacher?
L1: Guru?
Marion: Yes Katie. By the way, please call me Marion.
L1: Ya Katie. Oh ya, panggil saya Marion.
Katie: Oh, OK. Can I talk to you about something please?
L1: Oh, OK. Boleh saya membicarakan sesuatu dengan anda ?
Marion: Of course.
L1: Tentu saja.
Katie: I think I might be in the wrong class. I don’t understand everything you’re saying.
L1: Saya rasa mungkin saya berada di kelas yang keliru. Saya tidak mengerti semua
yang anda katakan.
Marion: Would it help if I talked slower?
L1: Bagaimana kalau saya bicara pelan-pelan?
Katie: Maybe, but I think everyone else can understand better than I can.
L1: Mungkin, tapi saya rasa orang lain dapat mengerti lebih baik dari saya.
Marion: Well we don’t know that for sure. Thank you for telling me, Katie. Your placement
test showed that this is the best class for you. I think the other class might be too
easy and you might get bored.
L1: Ya kita tidak tahu pastinya. Terima kasih sudah memberitahukan ini, Katie.
Placement test-mu menunjukkan bahwa ini adalah kelas yang paling sesuai
untukmu. Saya pikir kelas yang lain mungkin terlalu mudah dan kamu akan bosan.
Katie: I see.
L1: Oh begitu.
Marion: Why don’t you try this class for another day? If you’re still having trouble, come and
see me after class tomorrow and we’ll transfer you.
L1: Bagaimana kalau kamu mencoba kelas ini satu hari lagi? Kalau masih kesulitan,
temui saya sesudah pelajaran besok dan kami akan tempatkan kamu di kelas lain.
Katie: OK. Thanks, teacher.
L1: OK. Terima kasih, guru.
Marion: Marion.
L1: Marion.
Katie: Thanks, Marion.
L1: Terima kasih, Marion.
L1 Male: Berikut ini bentuk jadwal yang kira-kira akan anda dapatkan pada hari pertama di
kelas. Guru anda akan memperkenalkan diri, dan sambil memanggil nama pelajar
satu persatu, ia akan meminta anda menceritakan dengan singkat tentang diri anda.
Nanti kita akan berlatih mengenai ini.
Guru akan menjelaskan apa yang harus dikerjakan selama kursus, misalnya
membuat essay, presentasi, diskusi koran, komputer dan belajar sendiri.
Ia akan memberi formulir analisis kebutuhan untuk diisi sehingga ia tahu apa yang
anda pribadi harapkan dari kursus itu. Dan ia mungkin akan meminta anda mengisi
sebuah Independent Learning plan untuk diisi setiap hari. Semua yang anda
kerjakan di perpustakaan atau ruang komputer harus dimasukkan kedalam lembar
ini. Guru akan mengeceknya pada akhir modul.
Pada hari itu anda akan menghadiri sesi pertama tentang belajar secara mandiri.
Ketika pergi ke perpustakaan pada hari pertama, pinjamlah buku novel bahasa
Inggris yang anda sukai. Tidak perlu yang panjang. Usahakan untuk membaca
paling tidak satu novel setiap minggu selama anda di Australia.
L1 Female: Anda perhatikan tadi bahwa Marion tidak ingin Katie memanggilnya “teacher”?
Kebanyakan guru, dosen dan tutor di lembaga perguruan tinggi Australia lebih suka
dipanggil dengan nama depannya. Perhatikan bahwa panggilan tidak resmi ini
bukan berarti tidak ada respek.
Di sekolah menengah guru-guru biasanya dipanggil dengan Mr atau Mrs dan
nama keluarganya, misalnya “Mr Banks” atau “Mrs Hollis”. Tetapi di beberapa
sekolah menengah, para pelajar memanggil guru wanita hanya dengan “Miss” dan
guru pria “Sir”. Yang terbaik disini adalah mencari tahu tentang tata cara di sekolah
yang baru. Tetapi boleh dikatakan bahwa di sekolah-sekolah Australia, murid tidak
dianjurkan untuk memanggil guru mereka dengan “Teacher”.
L1 Male: Seperti saya katakan tadi, pada hari pertama anda mungkin akan diminta untuk
memperkenalkan diri kepada teman-teman sekelas dan menyebutkan umur anda,
dari negara mana, ingin belajar apa dan apa yang anda suka lakukan pada waktu
senggang.
Mari kita berlatih dengan beberapa contoh.
Pertama anda akan mendengar terjemahannya, kemudian dengarkan dan ulangi
dalam bahasa Inggris.
L1: Hai, nama saya Jing. Saya berusia 22 tahun.
English: Hi, my names’ Jing. I’m twenty-two.
L1: Saya dari Cina.
English: I come from China.
L1: Saya baru seminggu disini.
English: I’ve been here for one week.
L1: Saya ingin belajar memasak.
English: I want to study cooking.
L1: Saya ingin belajar memasak setelah selesai kursus ini.
English: I want to study cooking when I finish this course.
L1: Saya senang memotret di waktu senggang.
English: I like to take photographs in my spare time.
L1: Hobi saya fotografi.
English: My hobby is photography.
L1: Bisa tolong dijelaskan tentang tugas yang dinilai?
English: Could you tell us about the assessment tasks?
L1: Maaf, Anne. Boleh saya membicarakan sesuatu denganmu?
English: Excuse me, Anne. Can I speak to you about something?
L1: Saya rasa kelas ini mungkin terlalu mudah bagi saya.
English: I think this class might be too easy for me.
L1: Saya kesulitan mengikuti.
English: I’m having a bit of difficulty keeping up.
L1 Female: Voxpop.
Dan sekarang mari kita dengarkan wawancara dengan seorang pelajar!
Interviewer: Maaf?
Male Student: Ya?
Interviewer: Apakah kamu punya waktu untuk menjawab pertanyaan dari Radio
Australia?
Male Student: Tentu saja.
Interviewer: Menurutmu, apa bedanya antara kelas disini dan di negaramu?
Male Student: Ya jelas berbeda dong. Pada hari pertama, saya tertahan di administrasi jadi
saya terlambat masuk kelas. Saya mencari kelas saya. Saya lewat di satu
kelas dimana sedang ada pesta. Saya pikir hal itu aneh, apalagi pada hari
sekolah. Saya mondar-mandir di hall tetapi tidak dapat menemukan kelas
saya, maka saya kembali dan ternyata kelas saya ya di ruangan pesta itu.
Interviewer: Ruang pesta?
Male Student: Yeah. Mereka tidak sedang pesta. Mereka sedang belajar. Guru sedang
memutarkan DVD informasi, jadi semua pelajar mengelilinginya. Sebagian
duduk di meja untuk melihat lebih jelas, dan mereka membawa minuman …
jus jeruk dan cola. Bahkan gurunya membawa secangkir kopi di mejanya.
Dan karena ada bagian-bagian yang lucu dalam DVD itu, mereka tertawa..
Interviewer: Jadi itulah mengapa kamu mengira sedang ada pesta!
Male Student: Yeah! Kelas disini bisa informal sekali. Di negara saya, tidak ada pelajar
membawa minuman ke kelas atau duduk di meja.
Interviewer: Apakah kamu sekarang sudah terbiasa dengan perbedaan itu ?
Male Student: Yeah. Lebih rileks, tetapi kita masih harus kerja keras!
L1 Male Tidak semua guru mengijinkan pelajar membawa minuman ke kelas dan di sekolah
menengah peraturannya pasti lebih ketat. Guru anda akan memberitahu apa yang
boleh dan apa yang tidak boleh.
LATIHAN
L1 Female Sekarang anda akan mendengar sebagian dari percakapan hari ini dalam bahasa
Inggris. Anda akan diberi waktu untuk mengulang sebagian besar kalimat Katie.
Coba dengarkan dan ulangi.
Katie: Teacher?
Marion: Yes Katie. By the way, please call me Marion.
Katie: Oh, OK. Can I talk to you about something please?
Marion: Of course.
Katie: I think I might be in the wrong class.
Katie: I don’t understand everything you’re saying.
Marion: Would it help if I talked slower?
Katie: Maybe, but I think everyone else can understand better than I can.
Marion: Well we don’t know that for sure. Thank you for telling me, Katie. Your placement
test showed that this is the best class for you. I think the other class might be too
easy and you might get bored.
Katie: I see.
Marion: Why don’t you try this class for another day? If you’re still having trouble, come and
see me after class tomorrow and we’ll transfer you.
Katie: OK. Thanks, teacher.
Marion: Marion.
Katie: Thanks, Marion.

L1 Female: Kelas di Australia nampaknya lebih rileks, tetapi dalam banyak hal anda harus
belajar lebih keras. Misalnya, kalau anda terbiasa duduk diam di kelas dan menyalin
apa yang ditulis guru di papan tulis, anda bakal kaget. Guru-guru di Australia
mengajak para pelajar ikut berdiskusi dan mereka seringkali mengajukan
pertanyaan tentang apa yang baru mereka terangkan, jadi anda harus selalu
memperhatikan. Anda juga harus membuat catatan sendiri. Guru-guru di Australia
memberikan banyak informasi secara lisan dan mengharapkan anda mencatatnya
dan mengingatnya. Kalau anda berencana untuk meneruskan dari ELICOS ke
perguruan tinggi, anda akan belajar English for Academic Purposes dimana anda
akan diajari bagaimana membuat catatan.
L1 Male: Katie khawatir ia masuk ke kelas yang terlalu tinggi. Marion benar ketika
memintanya untuk mencoba sehari atau dua hari lagi untuk menyesuaikan diri.
Anda mungkin memerlukan beberapa hari untuk menyesuaikan di sebuah kelas.
Kalau Katie masih sulit mengikuti di kelas, ia akan dipindah ke tingkat yang lebih
cocok. Guru-guru di Australia sangat mudah untuk didekati, jadi jangan ragu-ragu
untuk memberitahu guru kalau anda mengalami kesulitan di kelas.
L1 Female: Dalam pelajaran ini kita akan berlatih membedakan antara bunyi “ch” seperti “chilli”,
“j” seperti “job” dan “sh” seperti “show”. Waktu kita mencoba menenangkan bayi
yang sedang menangis, kita mengatakan , “shshshsh”. Untuk membuat bunyi “ch”,
kita mulai dengan mengucapkan “t” seperti tea, dan menambahkan “sh”. Cobalah.
Mulai dengan mengucapkan “t”, kemudian tarik lidah anda dari langit-langit mulut
dan ucapkan “sh”. Padukan kedua bunyi ini bersama untuk membentuk bunyi “ch”.
Bunyi “j”, seperti job, dibentuk seperti “ch” tetapi anda harus mengeluarkan suara.
Mari kita berlatih beberapa kata. Coba dengarkan dan ulangi.
English: cheap
jeep
sheep
chin
gin
shin
choose
Jews
shoes

L1 Female: Dan sekarang tongue twister. Dengarkan dan ulangi sesering mungkin.
English: She’s in a cheap jeep, chasing sheep.
She’s in a cheap jeep, chasing sheep.
L1 Male: Ikuti selanjutnya Bahasa Inggris Untuk Studi di Australia Pelajaran 10, “I need a
job!”
Dan jangan lupa untuk membuka website Radio Australia, radioaustralia.net.au
dan klik radioaustralia.net.au/Indonesian untuk mempelajari percakapan, study
notes dan latihan dari pelajaran hari ini.
Bahasa Inggris untuk Studi di Australia disusun oleh Lembaga Bahasa AMES
Melbourne, Australia. Untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang belajar
bahasa Inggris di AMES, anda dapat membuka situs internet ames.net.au.
END OF LESSON 9

0 komentar:

Poskan Komentar

Friends

Followers

Fave This

Belajar Bahasa Inggris Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts